Mengenal Boolean Search

Boolean searching merupakan teknik suatu penelusuran atau pencarian informasi yang menggunakan operasi logika AND, OR, dan NOT, berfungsi untuk memudahkan dalam proses mendapatkan informasi. Boolean logic ini dikembangkan pada abad ke-19 oleh George Boole seorang ahli matematikawan (Burns, 2011).

George Boole: generous genius
(Sumber: McAuliffe (The Irish Time), 2015)

Penggunaan operasi logika (AND, OR, NOT) ini dapat bermanfaat untuk memfilter informasi yang dibutuhkan secara efektif dan cepat, sesuai dengan kata kunci yang relevan.

Bagaimana cara penggunaan operasi logika (AND, OR, NOT)?

AND (+); digunakan untuk mencari informasi yang mengandung dua kata kunci, tujuannya agar mendapatkan hasil penelusuran yang relevan dengan dua kata kunci tersebut.

Contoh: mencari informasi mengenai pendidikan anak. Maka, dapat diaplikasikan penggunaan operasi logika AND di mesin pencarian google seperti dibawah ini;

“Pendidikan” AND “anak” atau “Pendidikan” +”Anak”.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Maka, hasil pencarian akan menunjukan hasil yang berhubungan dengan dua kata kunci yang dicari yaitu pendidikan dan anak. Berikut hasil penelusuran:


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

OR (/); digunakan untuk mencari informasi dari dua kata kunci, tujuannya mendapakan hasil penelusuran informasi yang lebih luas, bisa menampilkan informasi dari salah satu dari kata kunci, atau menampilkan dari kedua kata kunci.

Contoh: mencari informasi mengenai pendidikan anak atau pendidikan remaja. Maka, dapat diaplikasikan penggunaan operasi logika OR di mesin pencarian google seperti dibawah ini;

“pendidikan anak” OR “pendidikan remaja” atau “pendidikan anak” /”pendidikan remaja”.


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Berikut hasil pencarian dengan menggunakan operasi logika OR;


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Dapat dilihat hasil pencarian menunjukan bukan hanya pendidikan anak, tetapi menampilkan juga hasil pencarian yang berhubungan dengan remaja.

NOT (-); digunakan untuk mencari informasi satu kata kunci diikuti dengan kata pengecualiannya. Tujuannya, mendapatkan hasil yang lebih spesifik sesuai dengan kata kunci pertama.

Contoh: pendidikan formal -non formal


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Maka, hasil pencarian yang didapatkan akan sesuai dengan kata kunci pertama yang dicari yaitu kata-kata yang mengandung “pendidikan formal”.


(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Berikut telah disampaikan cara penggunaan boolean search, semoga bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

Burns, S. (2011, February 22). What is Boolean Search? New York Public Library. Retrieved Agustus 25, 2021, from https://www.nypl.org/blog/2011/02/22/what-boolean-search

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *